Pengalaman Konsultasi dengan dr. Mita, Sp.KK

oleh Rainbow Daily
konsultasi dengan dr. Mita, Sp.KK

Konsultasi dengan dr. Mita Sp.KK – Tahun 2020 benar-benar tahun yang berat buat ngadepin jerawat yang makin hari makin meradang. Aku nggak tahu pasti apa penyebab jerawatku muncul keroyokan, yang jelas dari dulu aku nggak pernah memiliki jerawat separah dan seradang itu. Untung saja, suami sabar ngadepin rengekanku yang bentar-bentar belanja skincare acne, yang bentar-bentar ngoceh karena jerawat, yang bentar-bentar emosi nggak stabil karena melihat kondisi muka yang merah-merah, bentol-bentol, dan pegal akibat jerawat memendam dan mulai bermunculan.

Kulitku memang acne prone, sensitif jika menggunakan produk yang nggak cocok, bisa-bisa esok harinya jerawat muncul. Tapi, sayangnya dulu aku masih kekeuh mencari skincare yang bisa menyelamatkan kulit wajahku. Skincare dari harga puluhan ribu hingga jutaan sudah aku cobain. Memang ada yang bikin jerawat kalem, tapi beberapa hari kemudian jerawat mulai meradang lagi.

Sampai akhirnya aku nggak sengaja menemukan akun IG dr. Mita, Sp.KK yang rajin memberikan edukasi seputar kesehatan kulit. Beliau bisa dibilang influencer atau seleb instagram sekaligus dokter spesialis kulit dan kelamin yang mengajak netizen untuk melek dengan dunia kesehatan kulit dan kelamin.

Saat itu juga aku langsung mencari tahu tempat praktik dr. Mita, Sp.KK, ternyata beliau praktik di Zap Premiere Yogyakarta, Elsheskin Clinic Yogyakarta, dan RS As-Suyuthiyyah. Mau aku jabanin ke Yogyakarta, tapi kondisi pandemi saat itu sedang parah-parahnya. Padahal mah nggak peduli seberapa jauh jarak Banjarnegara – Yogyakarta, wkwkwk.

Untungnya, saat cari tahu dengan klik link di bio Instagram dr. Mita, Sp.KK, beliau juga praktik di RS. As- Suyuthiyyah Pati yang menyediakan layanan Teledermatologi (konsultasi online).

Cara Konsultasi dengan dr. Mita, Sp.KK

Memang beliau juga praktik teledermatologi di klinik Elsheskin, dimana pasien bisa konsultasi secara online melalui video call. Tapi aku lebih memilih konsultasi melalui RS. As-Suyuthiyyah, pikirku kalau konsultasi melalui rumah sakit, obatnya lebih tepat sasaran daripada konsultasi melalui klinik kecantikan. *ini sih aku doang yang sok tahu! Ahahaha, padahal mah mungkin sama saja, wong dokter yang menangani juga sama.

Setelah meyakinkan diri sendiri memilih teledermatologi melalui RS As-Suyuthiyyah, aku buru-buru menghubungi admin rumah sakit dan melakukan pendaftaran untuk konsultasi dengan dr. Mita, Sp.KK. Setelah melakukan pembayaran untuk pendaftaran, selanjutnya aku mengisi form data diri dan keluhan serta foto kondisi wajah tanpa filter. Barulah admin rumah sakit menginfokan jadwal konsultasi dengan dr. Mita, Sp.KK melalui video call. Setelah selesai konsultasi, kita tebus obat dan obat akan dikirim ke alamat rumah kita.

Penanganan Kulit Berjerawat oleh dr. Mita, Sp.KK

Konsultasi dengan dr. Mita Sp.KK

Prosedur teledermatologi di RS As-Suyuthiyyah cukup simpel, pasien akan di hubungi melalui video call di waktu yang sudah menjadi kesepakatan. Sayangnya, saat aku konsultasi pertama di bulan Desember 2020, admin RS As-Suyuthiyyah mengganti jam konsultasi sepihak, mungkin karena menyesuaikan padatnya jadwal dr. Mita, Sp.KK kali ya. Tapi untuk konsultasi ke dua dan ke tiga sesuai dengan jam yang sudah di infokan kok, malah lebih awal. Jadi, saat konsultasi ke tiga aku nggak sempat menggunakan jilbab karena admin rumah sakit video call secara tiba-tiba.

Begitu terhubung dengan admin rumah sakit, berikutnya admin rumah sakit akan menghubungi dr. Mita, Sp.KK. Setelah terhubung dengan dr. Mita, Sp.KK, aku menyampaikan semua keluhanku. Dr. Mita, Sp.KK pun melontarkan beberapa pertanyaan, kuncinya sih kalau ditanya dokter seputar kondisi kulit, maka jawab jujur saja biar dokter spesialis kulit juga tahu treatment apa yang cocok untuk kulit kita. Sekitar 2-4 menit konsultasi melalui video call, pihak admin rumah sakit akan memberikan tagihan untuk menebus obat dan krim racikan dokter dr. Mita, Sp.KK.

Saat konsultasi pertama aku diberikan resep obat minum selama 1 bulan full dan antibiotik, lalu ada krim pelembap, krim pagi/siang, & krim malam. Konsultasi kedua pun sama, aku dikasih resep obat minum selama 1 bulan full dan antibiotik, krim pelembab, krim pagi/siang, dan krim malam. Sementara konsultasi ketiga aku sudah nggak dikasih resep obat minum dong, karena jerawat sudah membaik jadilah aku hanya diresepkan krim pelembap, krim pagi/siang, dan krim malam.

Oya, di konsultasi ketiga ini aku dikasih copy resep yang bisa ditebus 1 kali, jadi kalau krim racikan dr. Mita, Sp.KK sudah habis, aku bisa menebus krim racikannya lagi tanpa konsultasi terlebih dahulu. Tapi, untuk bulan berikutnya aku diharuskan konsultasi lagi, karena kulit wajahku masih butuh dipantau.

Biaya Konsultasi dan Pengobatan Teledermatologi dr. Mita, Sp.KK

Aku kaget banget sih saat menerima DM di akun instagramku @ellafitria20, karena banyak teman-teman yang menanyakan harga untuk treatment dan obat yang diresepkan oleh dr. Mita, Sp.KK. Jujur, menurutku harga untuk konsultasi dan mendapat resep obat dari dr. Mita, Sp.KK terbilang terjangkau. Nggak semahal beberapa skincare yang aku punya, bukan sombong tapi biar teman-teman segera memberanikan diri untuk mendapat penanganan kulit yang tepat.

Berikut rincian biaya konsultasi dan pengobatan teledermatologi dr. Mita, Sp.KK di di RS As-Suyuthiyyah:

Konsultasi dengan dr. Mita Sp.KK
19 Desember 2020 (konsultasi pertama) :
  • Pendaftaran dan pemeriksaan dokter spesialis Rp92.000
  • Tebus resep obat dan krim konsultasi pertama Rp262.640
  • Total konsultasi, tebus obat, dan ongkir pengiriman obat ke rumahku Rp373.650
26 Januari 2021 (konsul kedua) :
  • Pendaftaran dan pemeriksaan dokter spesialis Rp92.000
  • Tebus resep obat dan krim konsultasi pertama Rp280.015
  • Total konsultasi, tebus obat, dan ongkir pengiriman obat ke rumahku Rp388.050
22 April 2021 (konsul ketiga) :
  • Pendaftaran dan pemeriksaan dokter spesialis Rp92.000
  • Tebus resep obat dan krim konsultasi pertama Rp282.125
  • Total konsultasi, tebus obat, dan ongkir pengiriman obat ke rumahku Rp390.150

Fyi, setiap permasalahan kulit pasti berbeda pengobatannya ya, tergantung hasil konsultasi dengan dokter spesialis.

Pokoknya prinsipnya, kalau kita memiliki masalah kulit entah itu jerawat, dll yang memang kita sudah menyerah nggak bisa mengatasi, atau kita sudah berusaha untuk mengobatinya namun nggak kunjung membaik, ada baiknya segera periksa ke dokter spesialis kulit. Jangan berani-berani menggunakan krim ‘abal-abal’ atau treatment disembarang tempat. Yuk ah, sayangi kulit kita supaya tetap sehat. Jerawat memang bukan segalanya, tapi jerawat bukan hal wajar loh. So, mesti kita obati dan tangani dengan cara yang benar.

Saat ini kondisi kulit wajahku sudah sangat baik dibanding dengan pertama kali konsultasi, sekarang tinggal fokus untuk menghilangkan bekas jerawat, terus juga menjaga pola makan, minum air putih 2 liter, makan sayur dan buah, lalu kurangi manis-manis dan tepung-tepungan. Intinya salam hormatku dan sembah nuwun untuk dr. Mita, Sp.KK dan RS As-Suyuthiyyah. Kalau teman-teman ada pertanyaan bisa kita diskusikan di kolom komentar ya!

You may also like