Pengalaman Treatment IPL di Reta Beauty Clinic

oleh Rainbow Daily
Pengalaman Treatment IPL

Ada yang sudah pernah mencoba melakukan treatment IPL di Reta Beauty Clinic belum nih? Kalau Teman Daily tinggal di Purwokerto, Yogyakarta ataupun Kudus pasti nggak asing lagi dengan klinik kecantikan yang satu ini deh. Meskipun 3,5 tahun tinggal di Purwokerto, baru kali ini aku mencoba treatment IPL di Reta Beauty Clinic. Padahal mah dari dulu maniak banget mencoba treatment di klinik kecantikan, hampir 7 beauty clinik di Purwokerto sudah ku jabanin. Demi apa coba? Demi melepas penat dan menemukan skin care serta treatment yang cocok di kulit wajahku.

Minggu lalu setelah mempertimbangkan berbagai hal karena kondisi pandemi ini, akhirnya aku dan ibuku sepakat ke Purwokerto dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Keberanian kami melakukan perjalanan Banjarnegara-Purwokerto didukung karena saat itu kondisi kedua kota ini sudah masuk zona hijau. Sebetulnya masih agak was-was juga sih, tapi karena aku punya voucher Traveloka Xperience dari hasil menang lomba blog dan sebentar lagi masa berlakunya voucher expired kan sayang tuh kalau nggak terpakai.

Kenapa Memilih Reta Beauty Clinic?

Pengalaman Treatment IPL di Reta Beauty Clinic
Reta Beauty Clinic

Di aplikasi Traveloka Xperience memang banyak pilihan beauty clinic di kota Purwokerto yang bisa kami pilih, namun setelah mempertimbangkan harga yang senilai dengan voucherku kami memilih treatment IPL di Reta Beauty Clinic. Selain itu, di saat pandemi gini syarat dan ketentuan treatment di Reta Beauty Clinic simple banget, nggak perlu pakai keterangan rapid test, namun protokol kesehatan tetap berlaku seperti mencuci tangan, cek suhu badan sebelum masuk ke ruangan dan di ruang tunggu diberlakukan juga jaga jarak untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Selain karena mempertimbangkan harga, aku memilih Reta Beauty Clinic karena banyaknya review positif yang katanya cocok dengan treatment ataupun produk dari dr. Reta ini.

Proses Pendaftaran di Reta Beauty Clinic

Setelah cuci tangan dan cek suhu badan, kami disambut oleh mbak-mbak CS yang ramah banget. Diambilkan nomor antrean lalu disuruh menunggu. Nggak lama, mbak CS menghampiri kami dan menanyakan keperluan kami. Lalu, aku mengutarakan jika sudah membeli treatment IPL dari aplikasi Traveloka Xperience sambil menunjukkan voucher aktif dari Traveloka Xperience. Dan kalian tahu nggak? Cuma untuk mengkonfirmasi ke pihak Travelokanya kami menunggu sekitar 1 jam 15 menit. Allahu, ini lama banget lah. Seriusan! Padahal dulu pernah pakai Traveloka Eats di Kalluna Cafe Jogja prosesnya cepat banget. Tapi ini nggak ngerti deh di Reta Beauty Clinic kenapa proses redeem voucher Traveloka Xperiencenya lama kebangetan.

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya namaku dan nama ibuku dipanggil dan dipersilakan menuju lantai dua untuk melakukan treatment IPL.

Pengalaman Treatment IPL Pertama Kalinya

Ibuku Tegang Banget

Ibuku Tegang Banget

Treatment IPL

Treatment IPL

Proses Membersihkan Wajah

Proses Membersihkan Wajah

Fyi, Reta Beauty Clinic ini merupakan klinik kecantikan milik dr. Mareta Silviana yang berdiri sejak bulan September 2013. Uhuy, sebentar lagi bakal ulang tahun yang ke tujuh nih ya. Sebetulnya di Reta Beauty Clinic terdapat berbagai treatment yang ditawarkan, tapi karena mukaku lagi muncul 2 jerawat dan memang memiliki bekas jerawat di bagian pipi, aku memutuskan untuk melakukan treatment Intense Pulse Light (IPL).

IPL ini menggunakan teknologi sinar non laser yang memiliki efektifitas seperti laser. Kataya sih IPL ini bisa mengatasi bermacam masalah kulit seperti jerawat, kerutan halus pada wajah, noda hitam, dan juga dapat menghilangkan bulu-bulu halus pada bagian tubuh. Makanya makin penasaran banget, soalnya dulu beberapa kali pernah laser di salah satu beauty clinic dan hasilnya lumayan meski hanya sesaat. Yaiylah, kalau mau mulus, glowing, shining, shimmering, splendid mah kudu rutin treatment dan juga jaga pola hidup sehat dong. Apalah aku yang demen banget begadang karena nggak sadar tahu-tahu sudah larut malam mata belum mau terpejam.

Proses Treatment IPL di Reta Beauty Clinic

Aku diarahkan masuk ke ruang steril untuk mencuci tangan dan bagian kaki disemprot disinfektan. Setelah cuci tangan, aku lalu diarahkan ke ruang facial pada umumnya. Sempat bertanya ke mbak-mbak terapisnya apakah treatment IPL dilakukan di ruangan tersebut, mengingat beberapa kali melakukan treatment laser di salah satu beuaty clinic selalu di ruangan khusus, jadi berasa privat banget. Tapi kalau di Reta Beauty Clinic ini treatment IPL dilakukan di ruangan dengan kapasitas 4 orang. Meskipun saat itu hanya ada dua pengunjung termasuk aku.

Proses pertama treatment IPL ini adalah wajahku dibersihkan terlebih dahulu, nggak ada proses pengambilan komedo atau ditotok dulu ya karena katanya kalau komedonya mau diambil harus tambah treatment facial. Lanjut, setelah kulit wajahku bersih, kemudian diolesi dengan anastesi diseluruh wajahku kecuali area mata dan bibir dan didiamkan selama 30 menit. Nah 15 menit pertama bibirku mulai kaku dan terasa monyong. Ku kira bibirku alergi lagi karena baru banget mengalami bibir yang super kering, eh nggak lama kemudian mbak terapisnya bilang katanya efek anastesinya memang begitu. Ahahahah

Pembersihan Gel

Pembersihan Gel

Penggunaan Sunblock

Penggunaan Sunblock

Selesai Penggunaan Sunblock

Selesai Penggunaan Sunblock

Setalah 30 menit mendiamkan anastesi dengan rasa bibir yang bener-bener nggak nyaman, kulit wajahku kemudian dibersihkan lagi, lalu mata dan telingaku ditutup. Lanjut diolesi dengan gel yang dinginnya kaya sikapmu ke aku. Bedanya kalau sensasi gel ini bikin fresh, tapi kalau sikap dinginmu bikin panas! Akakak. Untuk proses IPLnya dilakukan oleh dokter kok, tapi kebetulan saat aku treatment ke sana nggak ketemu dr. Reta.

Treatment IPL Sakit Nggak Sih?

Pas alatnya ditempel ke kulit wajah ada sensasi panas dan nyetrum sedikit sih. Ya seperti laser pada umumnya, cuma kalau IPL ini panasnya lebih menyebar. Tiga kali putaran IPL rasanya sudah risih banget karena bibir yang makin lama makin terasa ndower. Kalau ditanya, treatment IPL sakit nggak sih? Jawabnnya, enggak! Menurutku biasa saja kok, rasa sakitnya kalau dari skor 10 paling hanya 2. Tapi kalau sinarnya pas kena jerawat, duh sakitnya naik jadi skor 5. Wkwkwk.

Sekitar 15 menitan kulit wajahku di sinar, lalu sisa-sisa gelnya dibersihkan oleh mbak-mbak terapis. Setelah kulit wajah benar-benar bersih selanjutnya diolesi sunblock. Seperti biasa, sehabis treatment begini, kulit wajah nggak boleh terkena air selama satu jam kedepan dan stop pemakaian krim malam selama 1 hari.

Proses Pembayaran Treatment IPL

Pengalaman Treatment IPL di Reta Beauty Clinic
Bonus Masker dari Reta Beauty Clinic

Setelah kami selesai treatment IPL, kami disuruh menunggu lagi sekitar 30 menitan untuk melakukan proses pembayaran. Lho katanya sudah beli paket treatment IPL di Traveloka Xperience, kok bayar lagi? Ada yang bertanya begitu? Fyi, harga treatment IPL di aplikasi Traveloka Xperience adalah Rp. 548.600/ orang sudah termasuk diskon dari Traveloka Xperience. Karena aku bersama ibuku, maka harga untuk dua orang treatment IPL di Traveloka Xperience adalah Rp. 1.097.200. Kebetulan aku mempunyai voucher Traveloka Xperience senilai Rp. 1.000.000. Otomatis aku membayar kekurangannya via app Traveloka Xperience senilai Rp. 97.200. Lunas! Sudah kubayar saat chekout di aplikasi. Tapi, ternyata untuk IPL ini ada biaya tambahan Rp. 60.000/orang, katanya untuk biaya anastesi Rp. 50.000 dan biaya spons Rp. 10.000. Jadi biaya tambahan yang ku keluarkan untuk dua orang Rp. 120.000.

Saat ku terima struk pembayaran treatment IPL ini agak bingung sih, karena di struk tertera harga treatment IPL Rp. 650.000/orang disc 25% jadi total biaya IPL di struk Reta Beauty Clinic seharga Rp. 487.500/orang. Harusnya selisih lebih Rp. 61.000/orang dong kalau disesuaikan dengan yang sudah ku bayar lewat Traveloka Xperience. Tapi kata mbak kasirnya lebihan itu merupakan pajak untuk Traveloka Xperience????? Ngggggg~~~~~ malah kalau booking via Traveloka Xperience tambah mahal jatuhnya. Sayang banget ya!

Fasilitas Reta Beauty Clinic

Jujur awalnya agak kaget karena ada penambahan biaya anastesi dan spons. Padahal biasanya kalau laser di beauty clinic yang lain nggak ada biaya tambahan lagi. Harusnya sudah include ke harga IPLnya ya, tapi kalau memang nggak include anastesi dan spons ada baiknya di aplikasi Traveloka Xperience dikasih keterangan, supaya orang yang mau melakukan treatment IPL nggak kaget ada biaya tambahan lagi. Ditambah ada selisih harga Rp. 61.000/orang antara struk di Reta Beauty dan di Traveloka Xperience. Kan lumayan jadinya, karena treatment IPL untuk dua orang harus keluar biaya tambahan. Yaudah sih, sudah terlanjur nggak perlu disesali. Ouowowo

Pengalaman Treatment IPL di Reta Beauty Clinic
Ruang Tunggu Reta Beauty Clinic

Untuk fasilitas di Reta Beauty Clinic menurutku oke sih, lahan parkir lumayan luas, satpamnya ramah, protokol kesehatannya oke, CS dan terapisnya ramah, dokternya juga. Tapi sayangnya kasirnya jutek-jutek, atau karena tertutup masker ya. Eh tapi meski tertutup masker mbak CSnya tetap terasa ramah banget kok. Tahu deh! Wkwkkw

Untuk ruang tunggu baik yang di lantai satu dan lantai dua nyaman sih, ruangnnya juga adem, toiletnya pun bersih. Kemarin bawa adek kelas 4 SD menunggu kami treatment di ruang tunggu lantai dua juga asyik-asyik saja, dia nggak ngeluh karena nonton tv jadi nggak bosan. Nuansa lantai dua juga adem, ada beberapa tanaman mini. Oya, sempat bertemu pihak marketing Reta Beauty Clinic juga, namanya Mas Kukuh, orangnya ramah.

Sayangnya kalau menghubungi akun IG dan whatsapp Reta Beauty Clinic responnya agak lama. Pertama hubungi via DM IG untuk memastikan kalau Reta Beauty Clinic ini melayani treatment IPL, tapi nggak dibalas berhari-hari sampai ku DM ulang, dan menghubungi via whatsapp. Balasan chatnya juga dingin kaya gel yang buat IPL itu. Hahaha

Hasil Pertama Kali Treatment IPL di Reta Beauty Clinic

Pengalaman treatment IPL pertama kali hasilnya memang nggak begitu terlihat ya. Tapi begitu selesai treatment IPL lalu ngaca, mantap sih. Muka terihat cerahan, berasa bersih banget. Meskipun bekas jerawat masih terlihat yakali kalau mau bekas jerawat ilang mungkin kudu treatment IPL rutin sekitar 3-5 kalian. Sayangnya setelah sekitar satu mingguan, kulit wajahku malah muncul jerawat yang gede-gede banget yang mendem begitu, sakitnya ampun, awalnya satu, dua, tapi sekarang muncul sampai 7. Astaga, kenapa pula ini. Padahal mah bagian wajah yang nggak ada jerawatnya beneran cerahan. Bersih, nggak kusam, tapi sama saja bohong kalau setelah treatment IPL malah jerawat bermunculan kan? Tapi meski efek di aku begini, belum tentu di kalian sama ya. Toh di kulit ibuku fine-fine saja tuh, mukanya makin cerah dan segar malahan. Kalau ada rejeki mau cobain treatment IPL di Reta lagi siapa tahu rekasi jerawat yang muncul bisa diatasi.

Lokasi Reta Beauty Clinic Purwokerto

Untuk lokasi Reta Beauty Clinic Purwokerto ada di Jl. Prof. Dr. Suharso komplek GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Gampang dicari kok, buka maps saja ketemu. Atau kalian yang tinggal di Yogyakarta dan Kudus juga bisa banget coba pengalaman treatment IPL dan produk dari Reta Beauty Clinic karena di dua kota tersebut juga tersedai cabangnya. Teman Daily bisa stay tune di akun IG @retabeautyclinic dan Whatsapp 0817786687 siapa tahu bisa dapat promo. Lumayan kan?

Begitu ya pengalaman treatment IPL pertama kali di Reta Beauty Clinic, semoga informasi ini bermanfaat buat Teman Daily. Semangat berjuang melawan jerawat dan bekas jerawat! Peluk Jauh… Btw, terima kasih banyak Traveloka Xperience, berkatmu aku bisa merasakan pengalaman treatment IPL di Reta Beauty Clinic. Ahahaha